KLB ujicoba 5817F melintas langsung Cawang menuju Bogor |
Sebelum menjalani ujicoba secara dinamis, rangkaian ini terlebih dahulu menjalani ujicoba secara statis mulai Rabu (6/6). Rangkaian ini kemudian tetap mendekam di Dipo Depok sambil sesekali dinyalakan sebelum akhirnya diujicoba pada pagi ini. Rangkaian ini diujicobakan dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok, dengan jadwal pemberangkatan awal pukul 9:20 WIB dan kembali lagi di Depok dari Bogor pukul 12:30 WIB.
Terdapat perubahan yang sangat mencolok pada bagian eksterior rangkaian jika dibandingkan dengan sebelumnya. Spesifikasi strip samping tengah yang tadinya tipis mengikuti ukuran strip bawaan jalur Tozai, diperbesar menjadi seukuran strip pada KRL seri 203 maupun 205. Strip samping berukuran besar memang telah menjadi spesifikasi standar KCI sejak pertengahan tahun 2017 yang lalu, di mana KRL seri 6000 rangkaian 6121F dan 6124F menjadi rangkaian KRL non JR pertama yang menggunakan strip dengan spesifikasi tersebut. Sementara itu, pada bagian muka KRL hampir tidak ada perubahan warna kecuali palang vertikal yang kini dicat merah. Sayangnya, plat nomor samping pada kereta 5817 dan 5017, yang dipindahkan ke area gangway sebagai akibat dari pemasangan plat untuk corak kereta khusus wanita pada saat KRL ini menjalani PAL pertama di mana warnanya stripnya menjadi biru-kuning, tidak dipindahkan kembali ke sisi samping.
Rangkaian 5817F sebelum menjalani PAL dengan stiker yang terlihat pucat |
Di akhir tahun 2016, rangkaian ini beserta 5809F dan 1090F dirumorkan akan pensiun dikarenakan tidak mendapat jatah PAL sepanjang tahun 2017, sementara 1080F yang telah mendapatkan jatah PAL pada tahun 2016 dianggap masih akan beroperasi setidaknya sampai jadwal PAL berikutnya. Namun, pemberlakuan GAPEKA 2017 yang berakibat kekurangan rangkaian formasi 10 kereta khususnya di jalur Bogor menghapus rumor liar tersebut, di mana formasi rangkaian milik Dipo Bogor ini diperpanjang menjadi 10 kereta dengan mengambil kereta 1092 dan 1093 dari rangkaian 1090F yang juga telah mendonorkan kereta 1094 dan 1095 untuk rangkaian 1080F. Rangkaian 1090F sendiri kini tidak beroperasi bersama 5809F yang mengalami masalah pada rodanya. Meski demikian, 1090F masih sering bolak-balik ke workshop Dipo Depok untuk pengecekan dan penyehatan komponen. Kedua rangkaian ini dikatakan mendapat jatah untuk PAL sebagai satu rangkaian formasi 12 kereta di tahun ini.
Nomor Kemenhub pada kereta 5359. Nomor Kemenhub pada rangkaian ini seluruhnya diganti stiker. |
RED | MPSCLFJRN
Sekianlah artikel Akhirnya Kinclong, KRL Seri 5000 Rangkaian 5817F Diujicoba Setelah PAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Akhirnya Kinclong, KRL Seri 5000 Rangkaian 5817F Diujicoba Setelah PAL