Pemberdayaan Masyarakat Desa Soal Informasi Melalui Sideka

Pemberdayaan Masyarakat Desa Soal Informasi Melalui Sideka - Hallo sahabat BERITA KABAR INDONESIA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Desa Soal Informasi Melalui Sideka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel berita dewi persik, Artikel berita dki, Artikel berita donald trump, Artikel berita dunia hari ini, Artikel berita dunia islam, Artikel berita dunia terkini, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga




ReOnkPost,Aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) Jawa Tengah salah satu upaya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil setempat dalam mewujudkan transparansi informasi desa.


Menurut Sekda Propinsi Jawa tengah, Sri Priyono usai mengikuti Rapat Koordinasi di Semarang, Kamis (30/11/17) menjelaskan

"Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam mendukung kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa, serta mewujudkan visi Gubernur Jawa Tengah menjadikan desa sejahtera dan berdikari," katanya

Menurut dia, data dan informasi desa yang masuk pada Sideka Jateng akan mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan dan pendampingan.

Terkait dengan hal itu, ia meminta semua data harus dibenahi, terutama data rinci tentang 7.809 desa yang tersebar di 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jateng.

Pendataan dan penerapan program, kata dia, harus lebih cermat dan teliti supaya tidak ada permasalahan di kemudian hari, termasuk penggunaan dana desa yang dari tahun ke tahun jumlahnya makin bertambah, di mana pemerintah desa dituntut transparan dalam penggunaannya.

"Beberapa kali saya menghadiri pembinaan pendamping desa maupun kepala desa, selalu saya sampaikan tidak ada lagi penyembunyian atau ditutup-tutupi tentang anggaran pembangunan desa, semua harus transparan dan terbuka," ujarnya.

Sekda Puryono mengapresiasi Dispermasdesdukcapil Jateng yang terus bergerak dalam mendukung kemajuan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah desa yang makin efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Kepala Dispermasdesdukcapil Jateng Sudaryanto menambahkan bahwa aplikasi Sideka Jateng akan dioptimalkan sebagai salah satu instrumen pendukung pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa.

"Selain itu, mendapatkan masukan dari publik yang direpresentasikan dari kabupaten, kecamatan, desa, serta `stakeholder` guna menyempurnakan rancangan produk tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan penataan desa," katanya. (Mm)


sumber : Antara

Sekianlah artikel Pemberdayaan Masyarakat Desa Soal Informasi Melalui Sideka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pemberdayaan Masyarakat Desa Soal Informasi Melalui Sideka

Postingan terkait: