Contoh Format Buku Ekspedisi Ekstern dan Intern

Contoh Format Buku Ekspedisi Ekstern dan Intern - Hallo sahabat BERITA KABAR INDONESIA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Format Buku Ekspedisi Ekstern dan Intern, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BERITA, Artikel berita bandung, Artikel berita banten, Artikel berita csi terbaru, Artikel berita cuaca, Artikel berita terkini, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga



Defenisi buku ekpedisi 

Buku Ekspedisi adalah buku yang digunakan untuk menjadi bukti pengiriman/penyampaian surat kepada pihak yang dituju. Buku ini juga sering disebut dengan buku pengantar surat. Orang yang yang melaksanakan pekerjaan ekspedisi disebut ekspeditur/kurir.

Macam-macam buku ekspedisi

Buku ekspedisi ada 2 macam, yaitu:

1. Buku ekspedisi ekstern

Buku ekspedisi ekstern adalah buku bukti pengiriman/penyampaian surat yang ditujukan kepada pihak di luar kantor. Tak jarang pekerjaan pengiriman ini melibatkan kantor pos.


Jika surat disampaikan langsung kepada pihak yang dituju, maka si penerima surat harus membubuhkan tanda tangan pada buku tersebut sebagai bukti bahwa surat sudah disampaikan. 
Sedangkan, jika melibatkan pihak pos, maka petugas pos yang bersangkutan harus membubuhkan tanda tangan pada buku itu sebagai bukti bahwa surat sudah diterima dengan baik dan akan segera dikirimkan ke alamat yang dituju. 

Contoh format buku ekpedisi ekstern

Silakan di-klik gambar untuk mepebesar ukuran
2. Buku ekspedissi intern 

Buku ekspedisi intern adalah buku bukti penyampaian surat yang ditujukan kepada pihak di dalam kantor. 

Misalnya, kantor akan mengadakan rapat pada hari Sabtu mendatang. Lalu pimpinan mengirimkan surat kepada semua kepala bagian yang ada di dalam kantor. Maka pada saat menyampaikan surat undangan tersebut sipenerima harus membubuhkan tanda tangan pada buku itu sebagai bukti bahwa undangan sudah diterima dengan baik. Jadi, dikemudian hari tidak boleh ada complain yang mengatakan bahwa undangan tidak sampai, itulah sebabnya Pak Kabag tak datang mengikuti rapat.

Contoh format buku ekspedisi Intern

Silakan di-klik gambar untuk mepebesar ukuran
Baca artikel terkait lainnya:

Nah, Sahabat Populer, itulah contoh format buku ekspedisi. Buku ini biasanya ada dijual di toko buku. Banyak kantor yang menggunakan buku ekspedisi yang dijual tersebut. Namun, akan lebih bagus jika Anda membuat sendiri buku ini sesuai kebutuhan. Anda tidak membuatnya dalam bentuk buku, tetapi hanya lembaran-lembaran lepas saja, yang kemudian Anda kumpulkan. Maka, dalam kasus ini format tersebut tidak disebut dengan buku ekspedisi, tetapi lembar ekspedisi.

Jangan lupa share jika Anda suka tulisan ini. Berikan komentar jika ada yang salah dalam pembahasan kami. 

Sekianlah artikel Contoh Format Buku Ekspedisi Ekstern dan Intern kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Format Buku Ekspedisi Ekstern dan Intern

Postingan terkait: