PM Malaysia Akan Batalkan Proyek Kereta Cepat Malaysia - Singapura

PM Malaysia Akan Batalkan Proyek Kereta Cepat Malaysia - Singapura - Hallo sahabat BERITA KABAR INDONESIA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PM Malaysia Akan Batalkan Proyek Kereta Cepat Malaysia - Singapura, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel FAKTA, Artikel fakta anak bungsu, Artikel fakta anak kedua, Artikel fakta anak pertama, Artikel fakta bts, Artikel fakta exo, Artikel fakta korea utara, Artikel fakta unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Ilustrasi CRH | Xinhuanet

[28/5]. Ganti pemimpin ganti kebijakan. Ya mungkin kita sering mendengar istilah itu setiap selesai pemilu ataupun pilkada. Bukan bermaksud politis tapi memang begitulah adanya. Seringkali ketika tangkup kekuasaan berganti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemimpin baru seringkali berganti dan berbeda dari pemimpin lama.

Tak terkecuali di bidang perkeretaapian. Perdana Menteri Malaysia yang baru Mahathir Mohammad berencana akan membatalkan proyek jalur kereta cepat lintas negara Malaysia - Singapura. Hal tersebut disampaikan oleh Mahathir dalam wawancaranya dengan koran Financial Times pada Senin (28/5). 

Mahathir mengatakan saat ini tengah memprioritaskan kondisi finansial Malaysia. Dirinya mengatakan untuk menghemat anggaran sejumlah proyek yang dirasa kurang penting akan dihentikan, salah satunya adalah kereta cepat yang menghabiskan biaya RM 110 miliar atau sekitar Rp 2 triliun.


Namun Mahathir juga mengatakan dirinya tak bisa asal membatalkan proyek ini. Pasalnya proyek ini adalah proyek lintas negara antara Malaysia dan Singapura sehingga tidak bisa dibatalkan secara sepihak karena adanya perjanjian antar kedua negara. Mahathir menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Singapura supaya bisa membatalkan proyek ini.

Selain itu Mahathir juga akan melakukan negosiasi dengan Pemerintah Tiongkok selaku pemberi pinjaman. Namun dirinya juga tak menutup kemungkinan untuk proyek kereta cepat ini tetap dikerjakan asalkan dapat mengurangi dana yang harus dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.

Perjanjian proyek kereta cepat lintas negara ini ditandatangani pada Desember 2016 lalu oleh perdana menteri Malaysia sebelumnya Najib Razak. Proyek kereta cepat ini rencanannya akan melintasi tujuh stasiun yakni Bandar Malaysia, Seremban, Ayer Keroh, Muar, Batu Pahat, Iskandar Puteri, lalu menyeberang ke Singapura dan berakhir di Jurong East sejauh 350 kilometer.

Rencananya proyek ini akan selesai pada 2026 mendatang dan setelah jadi diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Kuala Lumpur ke Singapura yang sebelumnya 4 jam menjadi hanya 90 menit saja.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
  

Sekianlah artikel PM Malaysia Akan Batalkan Proyek Kereta Cepat Malaysia - Singapura kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PM Malaysia Akan Batalkan Proyek Kereta Cepat Malaysia - Singapura

Postingan terkait: