Jalur KA Baru Sumatera Utara Siap Beroperasi

Jalur KA Baru Sumatera Utara Siap Beroperasi - Hallo sahabat BERITA KABAR INDONESIA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jalur KA Baru Sumatera Utara Siap Beroperasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel FAKTA, Artikel fakta anak bungsu, Artikel fakta anak kedua, Artikel fakta anak pertama, Artikel fakta bts, Artikel fakta exo, Artikel fakta korea utara, Artikel fakta unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Kegiatan pengujian jalur KA lintas Bandar Tinggi - Kuala Tanjung oleh tim Balai Pengujian KA didampingi oleh staf Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara | foto: Instagram BTP Sumbagut
(25/7) - Jalur kereta api (KA) baru yang membentang dari Stasiun Bandar Tinggi menuju Pelabuhan Kuala Tanjung di kabupaten Batubara, Sumatera Utara siap beroperasi pada akhir Juli mendatang.

Pengerjaan jalur kereta api sepanjang 21.5 kilometer yang telah dibangun sejak 2011 oleh Kementerian Perhubungan ini ditargetkan beroperasi pada tanggal 30 Juli mendatang. Saat ini, ruas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung yang merupakan bagian dari pembangunan jalur KA rute Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei-Perlanaan-Bandar Tinggi-Pelabuhan Kuala Tanjung dengan total jarak 39.5 kilometer ini telah mencapai 95 persen pada pekerjaan trackwork dan signaling, serta 50 persen pada pembangunan stasiun.

Rencananya, minimal operation akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, bersamaan dengan terminal serbaguna dan fasilitas pendukung pada Pelabuhan Kuala Tanjung yang telah selesai.
Tim pengujian sedang mengukur track gauge pada ruas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung | foto: Instagram BTP Sumbagut

Sebelumnya, jalur KA dari KEK Sei Mangkei menuju Stasiun Perlanaan sepanjang 2.95 km yang dibangun oleh Kementerian Perindustrian sejak 2015-2016 telah beroperasi dan melayani kereta api angkutan barang petikemas Praba Cargo dengan relasi Sei Mangkei-Belawan, PP. Jalur ini dibangun di atas lahan milik PT Perkebunan Nusantara III. Selain itu, ruas eksisting Bandar Tinggi-Perlanaan sendiri telah ditingkatkan oleh Kementerian Perhubungan pada 2013-2014 yang lalu.

Jalur KA Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sempat terhenti pembangunannya pada tahun 2016 karena masalah teknis di lapangan, namun kembali dikerjakan pada tahun 2017. Dengan adanya jalur ini, kapasitas lintas bertambah 9 perjalanan KA pulang-pergi dengan beban angkut barang sebanyak 750 ton per perjalanan, dengan taksiran waktu tempuh dari Sei Mangkei ke Kuala Tanjung selama 40 menit.

Pengoperasian lintas Sei Mangkei menuju Pelabuhan Kuala Tanjung diharapkan akan mendorong geliat perekonomian di wilayah Sumatera Utara dan mendukung pengangkutan barang maupun orang dari KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Kuala Tanjung maupun sebaliknya.

RED | MPSCLFJRN

Sekianlah artikel Jalur KA Baru Sumatera Utara Siap Beroperasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jalur KA Baru Sumatera Utara Siap Beroperasi

Postingan terkait: